Belasan Siswa Johor Terdampak Polusi Pasca-Dibukanya Sekolah

0
39
johor malaysia

Lusinan pelajar di beberapa sekolah di Pasir Gudang, Johor, mengalami kesulitan bernafas dan nausea pada jam-jam pelajaran setelah dibukanya kembali 111 sekolah dasar dan sekolah lanjutan Ahad kemarin (30/6/2019).

Sepekan sebelumnya sekolah tutup karena insiden polusi udara.

Tapi, ketua Komisi Kesehatan, Budaya, dan Tradisi Mohd Khuzzan Abu Bakar mengatakan sekolahan akan diteruskan jika analisis kualitas udara normal.

“Kita akan memindahkan para siswa yang kelasnya ada di lantai atas ke lantai bawah, karena kebanyakan siswa yang mengalami symtomps hari ini adalah berasal dari lantai tiga dan empat,” katanya.

Mohd Khuzzan mengatakan lembaga-lembaga seperti Pasir Gudang Emergency Mutual Aid dan Departemen Lingkungan akan melanjutkan pengawasan udara.

malaysia“Sekira 30 (siswa) dibawa ke klinik-klinik kesehatan Pasir Gudang dan Masai,” ujarnya di SK Kopok, salah satu sekolah yang terkena polusi.

Total 475 institusi pendidikan di Pasir Gudang ditutup selama tiga hari pekan lalu karena polusi udara. Lebih dari 100 pelajar dari 300-an sekolah terdampak kejadian itu, yang dimulai pada 20 Juni.

Penyebab polusi dan simtom yang dialami siswa masih belum diketahui.

Pekan lalu, Menteri Energi, Sains, Teknologi, Lingkungan dan Perubahan Iklim Yeo Bee Yin menyebutkan tiga macam gas yang mudah terbakar dan beracun telah terdeteksi.

Ketiga gas itu adalah methyl mercaptan, acrylonitrile, dan acrolein.

Perdana Menteri Mahathir Mohamad telah melukiskan insiden itu sebagai “malang”, tidak seharusnya terjadi, khususnya yang muncul segera setelah pembuangan limbah beracun di dekat Sungai Kim Kim tiga bulan lalu.

Pada bulan Maret, sekolah-sekolah disuruh tutup karena adanya uap beracun dari Sungai Kim Kim.

Kejadian tersebut, yang mengakibatkan menyebarnya gas methane melalui udara, telah membuat sekitar 4000 orang dirawat di rumah sakit.

——————————————-
The Star/Asiaone[dot]com/ap/Portalasean

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.