Kerjasama Singapura – Cina Capai Level Baru

0
26
singapore

PORTALASEAN.COM – Deputi Perdana Menteri Singapura Heng Swee Keat mengatakan, Sigapura dan Cina sedang mencari suatu kerja sama pada level yang lebih tinggi. Kedua negeri kini telah mencapai tahapan tertentu yang mempertemukan kebutuhan kedua pihak.

Itu termasuk kerja sama di bidang perubahan iklim, seperti mendorong anti-globalisasi. Demikian StraitsTimes.com mengabarkan (23/5/2019).

Dalam wawancara dengan kantor berita Xinhua ketika ia memulai kunjungan sepekan ke Cina, DPM Heng mengatakan bahwa kedua negeri telah membangun “fondasi yang baik” untuk “mengembangkan wilayah-wilayah kooperasi baru yang bakal mempertemukan kebutuhan-kebutuhan Cina maupun Singapura”.

“Dengan menurunnya dukungan bagi globalisasi, yaitu dengan adanya perubahan teknologi, bersama-sama banyak perubahan struktural yang terjadi di seluruh dunia dan khususnya di kawasan kita, ruang lingkup kerja sama nyata-nyata telah meluas. Jadi, tantangannya lebih besar begitu pun peluangnya,” kata Heng.

Globalisasi mengacu kepada pasar global yang sesungguhnya hanya didominasi kumpulan negara maju tertentu yang mengklaim diri sebagai investor global. Mereka menuntut dibukanya pasar di negara berkembang seluas-luasnya untuk menggolkan produk-produk mereka.

Sebaliknya, ketika hampir semua negara di dunia terlibat perdagangan internasional, negara-negara ini tidak memberi akses masuk kepada produk negara-negara berkembang.

Heng menambahkan bahwa pertumbuhan dan perkembangan Cina dapat mendorong pertumbuhan regional dan ekonomi global, dan ia pun menyebutkan Inisiatif Sabuk dan Jalur (BRI) sebagai suatu strategi dan program ke depan.

Menyinggung bahwa Singapura adalah pendukung awal dari BRI sebagai inisiatif membangun infrastruktur yang menghubungkan Cina ke Asia, Afrika, dan Eropa, Heng mengatakan inisiatif tersebut bukan hanya soal infrastruktur tapi juga tentang kemampuan mengalirkan ide-ide, rakyat, dan modal, yang bisa membawa ke arah kolaborasi lebih besar dan kesalingmengertian antarrakyat dari seluruh dunia.

Pesan yang sama muncul dalam suatu pertemuan antara Heng dan Wakil Perdana Menteri Republik Rakyat Tionghoa Han Zheng di Guesthouse Kenegaraan Diaoyutai.

Deputi PM juga menyebutkan para pejabat pemerintah kedua negara telah menindaklanjuti dengan baik kerja sama sejak Dewan Bersama untuk Kooperasi Bilateral (JCBC) tahun lalu di Singapura, menghasilkan Sidang Kooperasi Komprehensif Singapura-Shanghai (SSCCC). Itu dewan bisnis kedelapan Republik Singapura dengan suatu level provinsi di Tiongkok.

Kedua pemimpin meneguhkan relasi yang kuat, multibidang, dan jangka panjang di antara kedua negeri, dan mendiskusikan cara-cara untuk memperkuatnya di bawah BRI, seperti konektivitas finansial serta layana-layanan legal dan judisial, begitu dikatakan sekretaris pers Deputi PM.

Ini tahun pertama Heng akan menjadi salah satu ketua JCBC, forum level tertinggi di antara kedua negeri, setelah mengambil alih posisi itu dari Menteri Senior Teo Chee Hean.

Adapun Han dalam pertemuan itu mengatakan, “Saya siap bekerja dengan Anda di bawah kerangka kerja JCBC, sebagai ketua dari kedua pihak, untuk menggerakkan kooperasi bilateral kita ke level yang lebih tinggi.” (Agung Puspito)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.