Teror Bom Sri Lanka, Indonesia Tawarkan Bantuan

    0
    56
    srilanka

    Portalasean.com — Presiden Republik Indonesia Joko Widodo mengecam keras serangan-serangan bom yang menghantam gereja dan hotel mewah di Sri Lanka pada Hari Paskah Minggu lalu (21/4/19). Pemerintah melalui Menteri Luar Negeri Retno Marsudi juga menyampaikan tawaran bantuan untuk negara itu.

    Retno mengatakan dikantor Wakil Presiden, Jakarta (22/4/19), “Kita sudah menawarkan bantuan, tergantung permintaan. Kita terus up date, dan saya berencana melakukan pembicaraan dengan Menlu Sri Lanka (Ravinath Aryasinghe).”

    Kecaman atas kejadian dan ucapan bela sungkawa dari pemerintah RI mendapat apresiasi dari pemerintah Sri Lanka karena merupakan negara pertama menyampaikan ungkapan tersebut, kata Retno.

    Sebelumnya, tawaran bantuan itu disampaikan Retno langsung kepada Duta Besar Sri Lanka untuk Indonesia Dharshana M Perera di gedung Kementerian Luar Negeri RI di Jakarta.

    “Beliau (Dharshana) menyampaikan bahwa ucapan duka cita dan kecaman dari Indonesia merupakan salah satu yang pertama. Oleh karena itu mereka menyampaikan terima kasih banyak,” tuturnya seperti dikutipkan Antara.

    Sebagaimana dikabarkan CNN Indonesia, delapan bom meledak pada lokasi berbeda di Ibu Kota Kolombo, Baticola, dan Negombo. Ledakan merusak tiga gereja dan empat hotel dan membunuh tak kurang dari 300 orang.

    Serangan bom itu dinilai menjadi aksi kekerasan terburuk dialami Sri Lanka sejak perang saudara 10 tahun lalu di negara pulau di selatan India tersebut.

    Namun, pada 4 April 2019 sebetulnya pejabat Sri Lanka telah mendapat informasi tentang rencana potensial serangan bom bunuh diri terhaap gereja dan tempat wisata. Laporan intelijen mengenai info tersebut telah diberikan sebelum peristiwa serangkaian ledakan bom di sejumlah gereja dan hotel pada Hari Raya Paskah, Minggu (21/4).

    Tapi, pejabat terkait tidak melaporkan petunjuk intelijen itu kepada Perdana Menteri Ramil Wickremesinghe.

    (ap/Portalasean)

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.