APAKAH ORANG INDONESIA LEBIH NASIONALIS DIBANDING ORANG MALAYSIA DAN SINGAPURA?

0
1680
merah-putih

PortalASEAN.com – Warga Singapura, Rick Wong, menuliskan pendapatnya dalam blog Quora, bahwa mungkin orang Malaysia masih punya Patriotism walaupun agak sedikit dipaksakan, tapi Nasionalisme orang Singapura nyaris tidak ada karena mereka lebih fokus ke ekonomi dan banyaknya pendatang dari luar, termasuk dari Cina dan Filipina.

merah-putih

Orang Malaysia, dahulu puluhan tahun berperang melawan Komunisme dan juga Inggris, maka untuk mengatasi krisis ideologi nasionalnya mereka menanamkan Patriotisme di dalam fikiran orang Malaysia, bukan Nasionalisme untuk melawan kolonial. Malaysia juga mengalami peperangan pertama melawan saudara serumpun Indonesia pada 1960an, juga Singapura yang memisahkan diri, sehingga Malaysia memerlukan Patriotisme untuk mengatasai perpecahan rasial ini.

Sementara orang Indonesia merebut kemerdekaannya melalui perjuangan hidup-mati melawan Belanda dan Jepang, dibawah kepemimpinan karismatik Sukarno, yang berhasil memompa Nasionalisme, dimana media di dalam negeri selalu menggunakan istilah ‘Pengaruh Asing’ untuk membangkitkan Nasionalisme serta memajukan ekonomi Indonesia. Tingginya Nasionalisme didorong oleh militansi para pemimpinnya, juga untuk menjaga wilayahnya yang luas, serta untuk mempertahankan kemerdekaan, dan kadangkala untuk mengalihkan persoalan korupsi di dalam negeri dengan menyebut-nyebut adanya ancaman asing, tulis Rick Wong pada Januari 2015.

Nasionalisme ini bisa dijadikan modal dasar bagi Indonesia dalam memasuki era ekonomi Asean.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.